Menyelamatkan Kucing Garong



SAYA selalu terharu dengan tindakan teman-teman pecinta kucing. Mereka selalu saja rela menyisihkan waktu dan materi demi menolong kucing-kucing liar di jalanan.

Di grup-grup pecinta kucing seperti Kumpulan Penyelamat Kucing Indonesia (KPKI) atau Koalisi Kucing Kampung, hampir setiap hari ada aja yang me-rescue kucing liar bernasib nahas.

Ada kucing yang terkena kanker payudara atau hernia, ada kucing yang rahangnya hancur, dan ada baru aja ada kucing yang harus diamputasi karena kakinya diikat karet gelang sekian lama oleh orang iseng.

Banyak kucing yang sakit parah seperti itu karena dibuang pemiliknya di jalanan. Mereka seperti sepah yang sudah habis manisnya. Saat lucu dipelihara, saat sakit dibuang. Untuk menolong kucing malang itu, tentu butuh biaya yang tidak sedikit.

Bukan cuma puluhan ribu, tapi bisa sampai jutaan buat biaya operasi dan rawat inap di vet klinik. Karena itu selalu ada seseorang yang membuka gerakan donasi.

Gerakan donasi buat hewan memang sangat lumrah, karena secantik atau selucu apapun hewan piaraan belum ada yang dilindungi asuransi. Belum ada perusahaan asuransi di Indonesia yang serius mengcover hewan piaraan seperti kucing atau anjing.

Kalo di luar negeri sih sudah ada perusahaan asuransi yang memiliki produk untuk mengcover hewan, tapi potensi fraudnya pun tinggi. Seperti di Inggris, jumlah klaim asuransi kematian hewan peliharaan selalu meningkat tajam, karena ada beberapa kasus yang disengaja.

Pemilik hewan tega membunuh hewan peliharaannya untuk mendapatkan uang asuransi. Banyak orang yang melakukan penipuan klaim dari mulai luka karena tali kekang hingga cidera lainnya.

Di Indonesia, hewan mungkin masih dinilai belum memiliki dampak finansial bagi pemiliknya. Karena itu, bagi para pemilik hewan piaraan, selalu jagalah kesehatan mereka dengan memberi pakan yang benar.

Duriat sebuah kata berarti Cinta, Duriat juga sebuah nama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »