Ekonomi yang Terdongkrak karena Penggembira

Dua orang penggembira Muktamar Muhammadiyah sedang berkeliling Benteng Fort Rotterdam, Makassar.

ALHAMDULILLAH, saya dan istri berkesempatan menghadiri Muktamar Muhammadiyah ke-47. Ini adalah muktamar yang bersejarah, karena ini adalah yang pertama di abad kedua setelah kelahiran organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan.

Kami hadir di Makassar dengan status sebagai penggembira. Karena itu kami tak hadir di sidang-sidang penting. Kami cuma menghadiri pembukaan muktamar, selebihnya jalan-jalan rekreasi keliling Sulawesi Selatan. Hehehe..

Meski begitu, kami cukup bangga dengan status penggembira. Setidaknya karena orang-orang seperti kami inilah acara muktamar jadi lebih meriah. Namanya juga penggembira, eksistensinya memang hanya untuk memeriahkan.

Tapi, coba kita lihat lebih jeli keberadaan kaum penggembira ini. Selama gelaran Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, bisa dipastikan perputaran uang di Indonesia mengalir deras ke Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Padahal biasanya uang hanya berputar di Jakarta atau Jawa. Seperti saya saksikan sendiri, lokasi wisata di sekitar Makassar seperti Air Terjun Bantimurung, Pantai Losari, Pantai Akkarena, banyak dikunjungi penggembira Muktamar.

Rumah makan coto dan sop sederhana selalu dipenuhi pengunjung. Para pedagang pisang eppe di pinggiran pantai Losari juga menangguk untung yang lebih besar dari biasanya. Pasar oleh-oleh khas Sulawesi Selatan di Somba Opu juga kebanjiran pembeli.

Di rombongan saya saja dari PCM Duren Sawit II, ibu-ibu Aisyiyah rata-rata menenteng dua kardus berisi kain sutra Bugis, minyak tawon, kacang disco, dll. Bayangkan jika ribuan penggembira muktamar lainnya juga melakukan aktivitas ekonomi yang sama. Hitungan kasar saya, jika ada 50.000 penggembira menghabiskan uang masing Rp 2 juta, maka ada akan ada Rp 100 miliar uang yang terdistribusi ke para pedagang, tukang parkir, dan pengelola lokasi wisata. Sungguh luar biasa kan?

Duriat sebuah kata berarti Cinta, Duriat juga sebuah nama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »