Baju Kampret atau Baju Takwa?



"Kamu udah setrika baju kampret aku belum?" "Baju kampret itu baju yang mana ya a?" "itu loh, baju hitam khas Baduy yang mirip baju takwa." "Ohhh, baju takwa yang warna hitam itu. Udah tuh di lemari"

Istri saya mengenal baju jenis itu sebagai baju takwa. Sementara saya menyebutnya baju kampret. Mana yang tepat sebetulnya?

Mungkin semuanya benar, jika sesuai dengan dasarnya. Penyebutan baju takwa mungkin didasarkan pada ayat Alquran. "Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. (Al-A'raaf: 26)

Karena ada ayatnya, pakaian bekerah buntung yang biasa dipakai ke masjid untuk shalat jumat itu pun kini disebut baju takwa. Tapi betul ngga ayat itu hanya merujuk pada baju jenis itu saja??

Nah, di situlah jadi terasa aneh dengan penyebutan baju takwa. Entah sejak kapan, baju berkerah buntung itu dinamakan baju takwa?

Padahal, saya tahunya saat kecil baju sejenis itu disebut baju kampret. Dulu saya lihat kakek saya memakainya saat hendak ke sawah atau ke masjid. Atau baju jenis itu dipakai Almarhum Didi Petet saat memerankan Si Kabayan.

Dalam khasanah Sunda, sejak dulu baju berkerah buntung dan berkantung di pinggang itu biasa disebut baju kampret.

Saya menduga, gara-garanya mungkin ulah pemasar agar dagangannya laku. Selain itu sikap alergi orang pada penyebutan kampret (anak kelelawar) yang selalu diasosiasikan sebagai ucapan hinaan.

Sementara penyebutan takwa sebaliknya adalah pujian akan tingkat kesalehan orang. Dalam Alkitab disebutkan, "inna akromakum indallahi atqakum." Artinya derajat kemulyaan seseorang di sisi Allah adalah ketakwaannya (bukan kekampretannya). Hehehe.

Tapi kini, kok rasanya jadi makin banyak orang yang merasa paling bertakwa dengan memakai baju kerah buntung itu ya?

Mereka juga gemar menghardik dan mengkafirkan orang yang tidak sepaham. Kalo begitu, biarin deh saya mah lebih baik memakai baju kampret tapi hatinya takwa. Daripada memakai baju takwa tapi hatinya kampret.

Duriat sebuah kata berarti Cinta, Duriat juga sebuah nama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »