Pohon Cinta, Kita Tanam Usai Menikah

POHON jambu bol itu saya tanam kira-kira sepekan usai menikahi Shahibah, enam tahun lalu. Saat itu tak ada niat apa-apa sebetulnya.

Saya hanya ingin mengisi taman kecil yang hanya terisi beberapa pohon dalam pot, sehingga saat siang ruang tamu menjadi sangat panas. Tepat di sebelah jambu saya juga menanam belimbing. Kini keduanya tumbuh sama tinggi, bak anak remaja akil balig yang tengah puber.

Dua pohon itu kini bukan saja meneduhi rumah kami. Loteng rumah Pak Slamet, tetangga sebelah kami, pun tertutupi daun si belimbing.

Daun mereka yang jatuh, tak pernah saya buang. Saya kumpulkan di kakinya, biar menjadi kompos. Kini saya akan menyebut Si Jambu dan Si Belimbing itu sebagai 'pohon cinta' kami. Jika saya adalah Si Jambu, mungkin Shahibah adalah Si Belimbing.

Kami berdua akan selalu berdampingan di sudut halaman kami itu. Hehehe..

Kegiatan menanam pohon usai menikah atau usai memiliki anak, sebetulnya beberapa tahun silam pernah menjadi anjuran Ibu Ani Yudhoyono. Saat memiliki cucu dari anaknya, Ani sendiri pernah menanam kelapa di Cikeas.

Kita bisa saja ragu dengan anjuran Bu Ani itu. Jika pun semua pasangan yang usai menikah menanam pohon, semua ayah-ibu yang baru punya anak, dan semua kakek-nenek menanam usai punya cucu, tetap saja tidak akan sebanding dengan deforestasi yang terus berlangsung.

Bisa jadi, saat saya menanam dua pohon itu, pengusaha pemilik HPH, perusahaan tambang, dan perkebunan sawit mungkin baru saja membabat ribuan hektar hutan. Tapi, ayolah kita jangan mau kalah!

Menanam beberapa pohon, mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, memilih menggunakan moda transportasi publik ketimbang mobil pribadi, bersepeda ke kantor, atau selalu mematikan alat elaktronik yang tidak terpakai akan tercatat sebagai tindakan hebat.

Saya yakin, sekecil apapun tindakan kita untuk bumi akan sangat berarti menahan laju pemanasan global. Selamat memperingati #HariBumi.

Duriat sebuah kata berarti Cinta, Duriat juga sebuah nama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »