Kang Pendi, Pengusaha Sukses Es Kelapa

Es Kelapa Sinar Pasundan
Kang Pendi sedang bekerja di warungnya.
KANG PENDI Penampilannya bersahaja. Namun siapa sangka Kang Pendi ini adalah pebisnis yang berhasil. Saya berkenalan dengannya, saat dia menyajikan beberapa bungkus es kelapa pesanan saya.

Saat itu, kedai es kelapa Boga Rasa baru saja dibuka di di Kompleks Kodam, Kalimalang. Selain di Kompleks Kodam, saya tahu ada beberapa kedai Boga Rasa lainnya di sekitar Kalimalang.

Karena itu saya pun bertanya siapa pemilik kedai es kelapa itu. "Pemiliknya saya sendiri kang," ujar Kang Pendi datar. Ngga nyangka, saya pikir dia ini hanya pekerja saja. Saya menyesal telah berpikir meremehkan. Meski cukup sering jajan es kelapa di Boga Rasa, baru kali ini saya menjumpai pemiliknya.

Menurut pengakuan Kang Pendi, saat ini dia telah memiliki 16 kedai es kelapa di sekitar Bekasi dan Jakarta Timur. Sebanyak 10 kedai miliknya, dan sisanya milik adiknya yang membawa bendera Sinar Pasundan.

Pria asal Singaparna, Tasikmalaya itu merintis bisnis es kelapanya sejak 2005. Jadi kalo dirata-rata, dia menambah satu kedai per tahun. Ckckkk...

Es Kelapa Boga Rasa dan Sinar Pasundan memang beda. Seperti namanya, tidak seperti es kelapa lainnya, ada beberapa pilihan rasa. Pilihannya, selain rasa original biasa ada rasa jeruk, alpukat, dan durian. Rasa itu tidak dihasilkan oleh perasa buatan, tapi memang dengan mencampur es kelapa dengan jeruk, alpukat, dan duren asli. Jadi rasanya pun sangat enak.

Selain diferensiasi rasa, kunci keberhasilan bisnis Kang Pendi ini adalah lokasi yang selalu strategis. Gerai barunya di Kompleks Kodam Kalimalang itu misalnya. Kurang strategis apalagi coba. Setiap hari, kompleks itu pasti tidak akan pernah sepi. Selain ada lima sekolah di sekitar situ, ada juga tiga gereja yang berderet. Jika di hari biasa anak sekolah yang jajan, di akhir pekan giliran jemaat gereja

Duriat sebuah kata berarti Cinta, Duriat juga sebuah nama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »