Bekasi vs Indosat



PERSELISIHAN rakyat melawan korporasi memang sering terjadi. Di Amerika Serikat ada Erin Brockovich, seorang perempuan tangguh yang berhadapan melawan sebuah perusahaan yang mencemari air di California. Saking popularnya kasus Erin, sempat difilmkan dengan bintang salah satu mamah muda tercantik di dunia, Julia Roberts. hehe.. Ayo fokus lagi, soal mamah mudanya nanti saja ya...

Yang paling mutakhir, ada perselisihan antara sekelompok orang dengan Indosat hanya karena sebuah iklan. Saya sebagai orang yang tinggal di Jatiwaringin, cukup eneg juga membaca materi iklan itu. Soalnya iklan itu bagi saya lebaynya kebangetan. Dari Jatiwaringin ke Pondok Gede yang masuk wilayah Bekasi paling lama cuma lima menit. Tak perlu urus visa dan pake paspor untuk ke sana. Kok bisa dibilang malah lebih gampang ke Ostrali?!

Tapi untuk kasus demonstrasi bar-bar yang dilakukan sekelompok orang terhadap Indosat di Bekasi, saya terpaksa harus simpatik pada Indosat. Mereka ini hanya korban saja sebetulnya.

Iklan mereka flop. Mau menjadi viral media sosial, malah gagal. Menurut saya, daripada mendemo Indosat karena iklan, lebih baik orang-orang itu mendemo perusahaan yang mencemarkan kali-kali di Bekasi. Banyak perusahaan nakal pencemar tak tersentuh. Padahal air Kali Bekasi itu sumber air minum buat DKI Jakarta dst.

Dan baru kemarin saya baca berita tentang kemiskinan desa-desa di sekitar Kawasan Industri Jababeka, Cikarang. Salah satu desa miskin itu, Desa Tanjung Sari. Tak jauh dari situ, ada perusahaan peleburan sampah elektronik. Polusi udaranya menyesakkan dada. Akibatnya, tak jarang warga setempat mengeluh sakit di paru-paru. Alih-alih mendapatkan bantuan infrastruktur, warga desa itu malah kesusahan akibat keberadaan perusahaan itu.

"Sudah bosan rasanya demo di pabrik itu. Mereka tidak peduli," kata Rumsiah, seorang warga di sana dari berita yang saya baca. Bahkan masyarakat bakal makin susah kalo musim hujan. Apalagi kalau hujan lebat. Banjir bakal merendam kampung mereka. Tak tanggung-tanggung, tahun lalu banjir setinggi atap rumah.

Kemarin, Menteri Desa Marwan Jafar turun tangan melongok desa-desa di sana. Marwan juga meminta ke perusahaan-perusahaan di sana buat mencairkan CSR ke desa-desa di sana. Ayo warga Bekasi bangkit! Masalah iklan Indosat itu kecil. Lebih baik fokus ke masalah besar pencemaran dan kemiskinan. Semoga saja ada Erin Brockovich lain dari Bekasi. []

Agen pulsa dahulu, Wartawan dan Agen Asuransi kemudian. HP/WA: 081271617534

Share this

Related Posts

First